[Recipe] Balado Tahu

Ini resep balado andalan saya. Simple… 🙂 Kali ini saya buatnya pakai tahu. Bisa pakai terong juga lho.

 

nanamemasak

Bahan:

6 bh tahu ukuran besar, potong dadu

1/2 ons cabe merah besar

5 butir cengek domba

5 butir bawang merah

2 butir bawang putih

daun jeruk

1 sdm gula merah

garam + merica secukupnya.

 

Cara membuat:

1. Giling cabe merah, cengek domba, bawang merah, bawang putih sampai halus.

2. Goreng tahu setengah matang. Sisihkan.

3. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, gula merah, garam+merica, sampai harum. Masukin tahu.

4. Aduk rata.

5. Siap disajikan.

 

Nyaaammm…

 

 

Nanaissance’s Bread-Baking Journey: Multigrain Loaf

Naaahhh… sepertinya ini bakal jadi roti favorit saya. Rasanya pas. Dan memang harus pakai butter/margarine/olive oil/canola oil, ya biar rotinya lembut. Kalo yang rustic crusty bread itu, rotinya harus segera dihabiskan, soalnya kalau dibesokin jadinya keraaassss…

Saya ambil resepnya dari sini, tapi saya sesuaikan soalnya nggak punya cornmeal, dan sunflowerseeds pesanan saya blm datang.

Nah ini resep saya (berhubung masih nggak punya timbangan, saya selalu cari resep yang pake cup untuk takarannya XD):

2 cup all purpose flour (saya pakai cakra kembar)

3/4 cup wheat flour (saya beli di IG: my_mooi) ==> note, kalau pakai 1/4 cup sunflower seeds, wheat flournya kurangin jadi 1/2 cup)

1/2 cup oat (pakai quaker oatmeal istant yang warna merah)

1/4 cup rye flour (saya beli di IG: organicfoods_)

1/4 cup brown sugar (ini nih yang bikin rotinya haruuuuummmm enaaakkk… btw bisa diganti pakai madu/gula)

2 tsp instant yeast 1 tsp salt (sebenernya ini sesuai selera sih, kalo nanti buat lagi, saya mau kurangin garamnya) 3 tbs butter (bisa pakai margarine, olive oil, canola oil, minyak sayur biar lebih “vegan” :p)

1 1/4 cup lukewarm milk (saya pakai susu ultra. hahai… di resepnya sih pakai 1/4 cup susu bubuk + 1 – 1 1/4 cup air hangat, tapi karena nggak punya susu bubuk, saya pakai susu cair).

Ulenin adonan seperti biasa, tunggu sampai mengembang, lalu panggang deh. Waktu bikin ini, suhunya 200 C, dan saya panggang selama 40 menit, walhasil agak gosong crust-nya XD. nanti dikurangin suhunya, 190C, dan panggang sekitar 25-30 menit.

Ini dia penampakannyaaaa…

Multigrain Loaf by Nanaissance

Multigrain Loaf by Nanaissance

say hello to my new baby: Fuji Film XA1!

Beberapa waktu ini saya berpikir untuk memensiunkan si 1000d yang udah jebot, dan menggantikannya dengan mirrorless camera. Alasannya adalah, mirrorless lebih kecil dan lebih ringan daripada dslr, sehingga mudah dibawa ke mana-mana, apalagi saya juga skrg lebih kepingin menekuni fotografi jalanan (street/urban photography) dan fotografi makanan/kuliner (food photography). Dan, setelah bersemedi sekian lama, pilihan saya jatuh pada si gorgeous XA1 ini dengan bentuknya yang klasik.

Hasil fotonya? Mantapppssssss… gak kalah deh sama slr (slr yang pemula, ya. jangan bandingkan sama slr full-frame yang harganya lewat 8 digit itu). Meskipun untuk fuji seri x ini lensanya mihil-mihil gak ketulungan (Mari nabung lagiiiii).

Owkayyy… say hello to my XA1, world!

10616340_851624111514333_699082228_n

 

ini contoh gambar yang suami saya ambil. Bokehnya dapet. 🙂

 

1-2014_0824_06491300

sample image fuji film XA1

Fuji Film XA1

Lensa kit: Fujinon 16-55 mm