[Recipe] Spinach Frittata

Hulaaaa… udah lama gak nulis resep, nih… dan berhubung saya baru beli cast-iron skillet, makanya pengen nyoba resep yang bisa pakai wajan antilengket dari besi tempa ini. Nemu resep ini. Akhirnya memutuskan buat spinach frittata pakai skillet baru itu. Tapi seperti biasa saya modifikasi menurut bahan2 yang ada di dapur. Oiya, frittata itu adalah semacam omelet atau telur dadar tapi ala Italia. Cara membuatnya juga mudah kok.

BAHAN-BAHAN:

8 telur

2 ikat bayam, iris2

1 bawang bombay kecil, iris2

2 bawang putih, iris2

8 butir jamur, iris2

2 tomat ceri, iris2

1/4 cup susu/cream

keju mozarella/cheddar parut

1 SDM olive oil

garam + blackpepper, sesuai selera

1 sdt Italian mixed-herbs

Cara membuat:

1. Tumis bawang bombay + bawang putih hingga harum, masukin jamur.

2. Setelah jamur rada layu, masukin bayam yang sudah diiris. Masak sampai layu.

3. Di tempat berbeda, kocok telur+susu, masukin italian herbs, garam+blackpepper.

4. Tuang kocokan susu ke tumisan. Masak dengan api kecil sampai telur agak mateng. Sementara itu nyalain oven, preheat 190 derajat C.

5. Masukin adonan frittata yang ada di skillet ke oven, panggang selama sekitar 15-20 menit.

easy-peasy spinach frittata by Nana

easy-peasy spinach frittata by Nana

NOTE: kalau nggak punya oven, bisa dipanggang di atas kompor, tapi harus di bolak-balik kayak bikin dadar, jadi pastikan wajannya antilengket. Atau pindahin ke ramekin, dan panggang di oven.

Voilaaaa… frittata siap di santap (bisa untuk 4 orang)

BTW, saya bikin setengah resep karena skilletnya kekecilan. Haha…

-nat-

[Recipe] Balado Tahu

Ini resep balado andalan saya. Simple… 🙂 Kali ini saya buatnya pakai tahu. Bisa pakai terong juga lho.

 

nanamemasak

Bahan:

6 bh tahu ukuran besar, potong dadu

1/2 ons cabe merah besar

5 butir cengek domba

5 butir bawang merah

2 butir bawang putih

daun jeruk

1 sdm gula merah

garam + merica secukupnya.

 

Cara membuat:

1. Giling cabe merah, cengek domba, bawang merah, bawang putih sampai halus.

2. Goreng tahu setengah matang. Sisihkan.

3. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, gula merah, garam+merica, sampai harum. Masukin tahu.

4. Aduk rata.

5. Siap disajikan.

 

Nyaaammm…

 

 

[Resep] Nasi Tim Ayam dengan Beras PureGreen

1512462_628886427173745_1503191114_n

1-IMG_0195

IDFB ngadain challenge lagi. Di challenge yang ke-14 ini IDFB berkolaborasi dengan  PureGreen Organic Rice. Tantangannya adalah olahan beras dan harus masakan Indonesia. Tentu saja, saya pengen ikut. Siapa sih yang enggak bisa bikin nasi? :p Dalam tantangan yang baru pertama kali saya ikuti ini, saya putuskan untuk membuat Nasi Tim Ayam, sekalian buat anak-anak saya yang lagi bergelimpangan sakit. 🙂

Kenapa PureGreen?

Ini keunggulannya:

1. Lebih sehat
2. Rasa lebih gurih
3. Lebih tahan basi
4. Kaya mineral dan vitamin
5. Karena tidak mengandung bahan kimia, maka baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, wasir, kolesterol, asam urat, darah tinggi, dll
6. Kaya anti oksidan dan zat2 lain yang membantu mencegah kanker dan serangan jantung
7. Meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk anak-anak.
8. Cocok untuk program diet.

Oiya, saya lagi suka beras merah, jadi saya ganti beras yang biasa saya beli dengan PureGreen Beras Kombinasi Putih+Merah (Mixed Rice). Seperti yang saya kutip dari website-nya PureGreen,  beras merah sangat baik untuk perkembangan anak dan kesehatan keluarga, namun tidak semua orang menyukai beras merah karena rasa dan teksturnya. Karena itulah PureGreen  menghadirkan Beras Kombinasi. Dengan kombinasi antara beras putih dan merah, menjadikan beras kombinasi PUREGREEN sangat nikmat untuk dimakan, dan yang lebih penting lagi, sangat bergizi karena memiliki keunggulan beras merah dan beras putih sekaligus.

Mari dicek bebicek resepnya.

1-IMG_0198

NASI TIM AYAM

Resep dari sini, tapi saya modifikasi lagi.

Bahan nasi:

1 cup beras Puregreen Beras Kombinasi (Mixed Rice)

2 cup kaldu (bisa diganti air matang atau santan)

1 cm jahe, digeprek (kenapa saya pakai jahe? karena sesuai saran Ibu Siska Soewitomo, yang pakar kuliner, agar aroma nasi tim lebih menggugah selera).

Bahan Ayam:

1/4 siung bawang bombay, iris

2 siung bawang putih, cincang halus

1 cm jahe, iris tipis

125  gram daging ayam cincang

1 SDM saus tiram

1 SDM kecap inggris

1 SDM kecap manis

1 SDM saus tomat

150 ml air

1/2 SDT garam

1/4 SDT merica

1/4 SDT pala bubuk

1 sendok makan margarin untuk menumis

1-IMG_0191

Cara membuat:

1. Untuk nasi: Didihkan air kaldu, masukkan beras kombinasi Puregreen, tambah jahe, masak sampai meresap. Di sini saya enggak pakai garam, karena dari kaldunya sudah ditambahkan garam. Hasilnya, puleeeeennnn dan wanggggiiiiii… top deh! 🙂

2. Untuk isian ayam: Tumis bawang bombay,  bawang putih, dan jahe sampai wangi. Masukkan ayam, aduk hingga ayam matang. Masukkan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata. Tambahkan air masak sampai mendidih. Sisihkan.

3. Masukkan sedikit adonan nasi di dalam pinggan tahan panas bulat kecil. Beri isi. Tutup kembali dengan adonan nasi.

4. Kukus didalam kukusan yang telah dipanaskan selama 30 menit hingga matang.

5. Sajikan. Kurang lebih untuk 2 orang.

Selamat mencobaaaa…

1-IMG_0193

-nadya andwiani-

[Recipe] Creamy Cheddar Chicken & Meatball Soup

Akhir-akhir ini Bandung dingin banget! Brrr… dan kalau dingin begini, enaknya makan yang anget-anget kan? Tadinya mupeng bikin sup lentil seperti saran seorang teman, dan kalau susah cari lentil bisa diganti kacang ijo.

Ternyata… enggak sempet belanja. Akhirnya bikin krim sup aja yang mudah dan pasti yummy!

 

Ini resepnya:

 

Bahan:

Ayam cincang 125 g

baso sapi 3 butir, bagi 8 (pernah bikin pakai sosis, ternyata yang pakai sosis lebih enak)

1/4 bawang bombay besar (atau 1/2 bawang bombay sedang, atau 1 bawang bombay kecil), iris

Tepung terigu 3 SDM

Susu cair 500 mL

Mentega/margarin untuk menumis

garam, merica, pala secukupnya

air (tambahan)

keju cheddar (saya pakai merek kr*ft, setengahnya! hihi sesuai selera aja sih), parut

 

Cara membuat:

1. Tumis bawang bombay pakai margarin sampai harum.

2. Masukkan ayam dan baso. Masak sampai ayam matang.

3. Masukin tepung. Aduk, sampai menggumpal.

4. Tuang susu sedikit demi sedikit. Masak sampai mengental.

5. Kalau kekentalan, bisa tambah air matang.

6. Begitu mendidih tambahkan keju parut.

7. Tambahkan garam, merica, pala secukupnya.

8. Sup siap disajikan.

 

Untuk 3 orang.

1-IMG_0250

 

Selamat mencoba!

 

-nat-

 

 

 

Nat’s Life Updates (13 – 19 Jan 2014)

  • Kalender Tintin dari Mbak Mia YS @komunitas tintin Indonesia, sudah sampaiiiii… yippy!

1-1-IMG_0190

  • Di group food war di FB, lagi ada “perang martabak”, sebagai silent reader saya juga ngiler, pengen ikutan “perang” tapi malu. :p jadi di sini aja deh ceritanya. Resep dari Mbak Sari Asih di Food War. Berhubung nggak punya pan martabak, saya bikinnya pakai panci teflon ukuran sekitar 25 cm-an. Hasilnya? Tutung alias gosong. Teksturnya juga lebih mirip pancake daripada martabak, tapiiii… enaaaakkkkk… Fillingnya full cokelat + susu kental manis. Dan (selain bagian gosongnya) lumer di mulut. Nyaaaammmm…
martabak percobaan pertama. Gosong...

martabak percobaan pertama. Gosong…

  • Yak, barudak ketularan cacar. T__T tapi untung sembuhnya lebih cepet, baru tiga hari bintik2nya keluar semua, dan besoknya kering. untungnya di muka cuma sedikit.