[Resep] Bubur Sumsum

Haluuuu…

Sebenarnya udah dari bulan puasa nih saya mupeng bubur sumsum. Entah kenapa nggak sempat beli… Sampai bulan puasa lewat, dan hampir nggak ada yang jualan bubur sumsum lagi (mungkin ada, sih, tapi saya nggak nemu).

Akhirnya memutuskan bikin aja. Tapi karena satu dan lain hal, baru kesampean bikinnya sekarang. Udah browsing resep, dan dapat resep bubur sumsum kayu manis versi mbak Diah Didi di sini. Daaann… saya modifikasi dikit, menurut resep ibu saya (seperti biasa…)

Ketika ditanya apa resepnya, beliau cuma ngomong pakai takaran 2:1 untuk tepung beras + tepung ketan (2 takar tebung beras dikali 1 takar tepung ketan), kasih santan encer, garam, daun pandan.  Gak jelas takarannya gimana, jadi saya putar otak dan pakai takaran versi saya sendiri, dehhh…

Bahan:

2/3 cup tepung beras 

1/3 cup tepung ketan

1/2 sdt garam

1 bungkus santan instan ukuran 65 ml (kalau pakai santan asli lebih bagus lagi)

650 ml air matang (kalau pakai santan asli, nggak perlu air lagi)

1 batang daun pandang, potong-potong

Kuah gula:

2 butir gula merah ukuran kecil (saya pakai yang diameter sekitar 5-6 cm)

1 cup air mateng

1 sdt garam

1 batang kayu manis

1 batang daun pandang, potong-potong

Cara membuat:

1. Kata ibu saya, tepung beras + tepung ketan dicampur, terus disangrai sampai harum. Beliau nggak menjelaskan alasannya untuk apa, tapi saya nurut aja.

2. Dalam wadah terpisah, campur air + santan instan.

3. Tuang campuran santan ke tepung yang sudah disangrai, masukin potongan daun pandang.

4. Aduk-aduk sampai mengental. Di sini saya ikutin tips-nya Mbak Diah.

5. Cara membuat kuah gula: Masukkan air, gula merah, garam, daun pandan, kayu manis dalam panci. Masak sampai gula larut dan air menyusut (agak kental).

6. Sajikan. Ini bisa untuk 3 orang.🙂

BUBUR SUMSUM 1

BUBUR SUMSUM 2

BUBUR SUMSUM 3

-nat

One thought on “[Resep] Bubur Sumsum

  1. Pingback: [Resep] Sweet Potato Balls | Nanaissance

Leave a Reply

