[Recipe] Strawberry Pie

Di rumah ada stok stroberi berlimpah dan hampir busuk-busuk. Sebagai tindakan penyelamatan, akhirnya dibikin pai (terutama setelah menemukan resep kulit pai/pie crust mudah, dan tanpa telor di sini). Dan berhubung nggak (belum) punya timbangan, jadi saya lebih suka nyontek resep yang pakai ukuran cup.🙂

strawbery pie ala nanaissance

strawbery pie ala nanaissance

Resep filling-nya sendiri terinspirasi dari sini. Tapi seperti biasa, resep-resepnya saya modifikasi lagi🙂

Kulit pai / pie crust:

1 cup tepung terigu

1/2 cup margarin (diresep pakai mentega/butter)

Saya mengambil kesimpulan dari berbagai resep yang ada, kalau perbandingan tepung + margarin/menteganya itu 2:1. Untuk 500 gram tepung berarti 250 gram margarin/mentega, dsb, dsb.

2 sdt gula

1/2 sdt garam

5 sdm susu cair dingin (diresep asli pakai air es)

Cara membuat: 

Campur semua bahan kering dalam food processor (kalau adonannya cuma sedikit sebenernya lebih praktis pakai “tangan” atau “garpu”, karena hasil dengan jerih payah untuk bersih-bersihnya nggak sebanding :p), kalau udah nyatu dan adonan membentuk bulir-bulir, tambah susu deh. Bejek-bejek adonan sampai menggumpal. Masukin lemari es, diamkan semalaman.

bahan filling strawberry pie:

Strawberry sekitar 2 cup (berhubung udah hampir busuk, saya pilihin yang bagus-bagus, potong2 kecil, dan bentuknya jadi gak keruan) :p

1/2 cup brown sugar

sejumput Kayu manis bubuk

1/2 cup tepung terigu

1 SDM tepung maizena

1 SDT vanila bubuk

Note: hasilnya sebenarnya terlalu asem (kata suami saya. kalau kata saya sih, nggak), kalau mau, bisa tambah gula putih sekitar 1/4 cup, atau banyakin =brown sugar-nya lagi. Sebenarnya resepnya sesuai selera aja deh. Bisa dicicip2 kurang manis atau kemanisan.

Cara membuat strawberry pie:

1. Campur semua bahan filling, simpan di lemari es, sampai mau digunakan.

2. Keluarin pie crust dari lemari es, ambil sejumput demi sejumput sesuai kebutuhan, ratakan di pinggan tahan panas/ramekin/loyang pai. Saya pakai ramekin ukuran 7.5 x 3 cm dari Dapur Hangus😀 Tapi pas bikin, pie crustnya ketipisan, jadi pas dicongkel dari ramekin, langsung amburadul. Oiya, sebelumnya loyang/pinggan/ramekinnya dibalur margarin dulu, ya, biar nggak lengket. Kalau liat resep2 yang lain, adonan pie crust biasanya digiling dulu. Kalau saya sih nggak, dibejek2 aja pakai jari di sekeliling loyang/pinggan/ramekinnya. toh nggak keliatan ini :p

3. Tuang bahan filling ke atas pie crust.

4. Sementara itu panaskan oven 180 derajat C.

5. Panggang pie selama kurang lebih 25 – 30 menit.

pie strawberry ala nanaissance

pie strawberry ala nanaissance

Jadi deehhhhhhh… *om nom nom nom*

asemnya paaassss... (menurut saya, ya)

asemnya paaassss… (menurut saya, ya)

-nat-

One thought on “[Recipe] Strawberry Pie

  1. Pingback: Nat’s Life Updates (2 – 8 Des 2013) | Nanaissance

Leave a Reply

