[Recipe] Angeun Kacang

Naaah… angeun kacang ini makanan favorit suami saya dari dulu. Setelah nikah, dia selalu minta dibuatkan, padahal saya nggak bisa bikinnya dan jarang makan pula yang namanya angeun kacang ini. Saya sendiri udah nanya resepnya ke mama mertua. Beliau cuma bilang, “Gampang, Neng. Masukin ini-anu-itu…” Nggak disebut secara mendetail, masaknya berapa lama, bumbunya berapa banyak, dll, dll. Akhirnya saya browsing dan nemu resep angeun kacang merah dari tabloid Nova, dan baru kesampaian bikin sekarang. Ada yang  nyebut angeun kacang ini sebagai sop kacang merah. Angeun kacang ini adalah makanan khas Jawa Barat yang rasanya lebih mirip sayur asem daripada sop. Jadi menurut saya sih nggak tepat disebut sop.

Trus di resepnya ada yang menambahkan daging. Kayaknya enak tuh pake daging. *ngiler sorangan* ohhh, kata teman saya, kalau pakai daging namanya asem-asem kacang merah.🙂

Ini dia angeun kacang buatan saya…

angeun kacang by nanaissance

angeun kacang by nanaissance

Masih belum mirip sama buatan mama mertua, sih. Soalnya beliau pakai kacang hitam, dan kacang hitam ini susah didapatkan. Kata beliau memang cuma ada di Garut. :) Angeun kacang ini semakin enak kalau sudah dipanaskan berkali-kali. Nah, kalau pakai kacang hitam, kuahnya akan mengental dan menghitam, dan itulah bagian terenak dari angeun kacang buatan mamamer. Saya coba pakai penghitam dan pengental buatan, yaitu dengan menambahkan kecap. Enak, sih. tapi tetep aja rasanya nggak sama…

Oiya, kalo nggak abis. Kacangnya bisa digoreng, lho. Kriuk-kriuk gurih gitu.🙂

Ini resep versi saya, ya… nggak ada bedanya sama yang di sini, cuma saya tambahin kecap manis 1 sendok makan.

Bahan:

250 g kacang merah

900 ml air matang (kalau saya pakai kaldu ayam juga, 300 ml kaldu + 600 ml air matang)

1 lbr daun salam

1 cm lengkuas, iris

2 bh cabe merah, potong 2 cm

2 batang daun bawang, potong 2 cm

1 bh tomat, belah 8

5 siung bawang merah, iris

2 siung bawang putih, iris

1/2 sdt terasi (saya pakai 1/2 sachet terasi  merek M*masu*a)

Garam, sesuai kebutuhan

1 sdm air asam jawa

1 bongkah gula merah (atau sekitar 1,5 – 2 SDM)

1 SDM kecap manis.

Cara membuat saya ikutin dari sini. Ada tip dan trik-nya soalnya.

Angeun kacang siap disantap pakai nasi panas. Nyam…dan tambah enak kalau ditambah tempe goreng, ikan asin, dan sambal terasi. Mantap.

Yuk makan siang…

-nat-

One thought on “[Recipe] Angeun Kacang

  1. Pingback: Blusukan ke Pasar Mandalagiri, Garut | Nanaissance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s