[Recipe] Arancini alias Bola-Bola Nasi

Satu minggu kemarin, kami sekeluarga nginep di rumah ortu. Ngeliat postingan foto masakan teman-teman saya, tangan saya ikut gatel pengen buat sesuatu, tapi apalah daya, saya di sana nggak bisa berbuat apa-apa, karena “segan” masuk dapur.   Trus ada yang bikin Arancini. Arancini adalah bola-bola nasi khas Italia (CMIIW). Uhhh ngilerrr… saya putuskan begitu balik ke rumah, saya mau buat itu.

Akhirnya, hari ini saya pulang. Dan pertama yang saya lakukan begitu sampai di rumah adalah browsing resep. Dan dapat resep dari Ika Rahma dari Dapur Hangus.

Seperti biasa, resepnya saya modifikasi, karena “sayang” pake ayam cincang. *saya lebih pelit lagi* hihihi…

Ini arancini versi mama che-ro:

Arancini versi Mama Chero

Arancini versi Mama Chero

BAHAN-BAHAN:

7 bh bawang merah

Nasi (di resep mbak ika, nasinya 2 centong. Saya pakai 4 centong)

2 SDM olive oil

1 SDT bawang putih bubuk

Kaldu yang kotak merek M**gie 2 butir + campur dengan 300 ML air, didihkan

Cream cheese 2 kotak (merek Kiri) ==> cuma ada 2 kotak yang tersisa di kulkas, mungkin lebih enak kalau kejunya dibanyakin, ya…

Setengah keju quick melt (merek Kr*ft) setengah kotak, potong dadu, untuk isian ==>  cuma segitu yang tersisa di kulkas saya, d

Garam, gula, merica sesukanya

Oregano bubuk, sesukanya

Parsley bubuk, sesukanya

Tepung roti secukupnya untuk pelapis

1 butir telur ayam untuk pengikat lapisan luar (halah!)

Minyak goreng

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah pakai olive oil. Begitu harum, masukin nasi. Aduk-aduk.

2. Masukin air kaldu, bawang putih bubuk, garam, gula, merica, cream cheese lalu duk-aduk sampai nasi benyek.

3. Tambah oregano + parsley. Aduk-aduk lagi.

4. Sisihkan. Tunggu sampai agak dingin.

5. Ambil nasi, bulet-buletin, dalamnya masukin keju yang sudah dipotong dadu.

6. Celupin bola-bola nasi ke telur yang sudah dikocok, trus dibalur tepung roti. Ulangi sekali lagi.

7. Siapin minyak goreng (kira-kira aja, yang pasti bola-bola nasinya harus tenggelam), begitu sudah panas, goreng bola-bola nasi.

Sekian. Silakan mencobaaaa… J

Arancini versi Mama Chero

Arancini versi Mama Chero

-nat-

Oiya, berhubung nasinya masih banyak, tapi kejunya habis, saya coba ngeganti isian bola-bola nasinya pakai saus bolognaise. Ternyata enakkkkkk!! Malah saya lebih suka yang dalamnya saus itu.

Nyam, nyam…

 

Leave a Reply

