[Recipe] Start Healty Stay Healthy: Smoothies #1

Belakangan ini, ada hal-hal yang membuat saya merasa harus mengatur ulang prioritas dalam hidup, terutama dalam hal kesehatan.

Dulu saya bisa dibilang “bedegong” alias keras kepala soal makanan. Pikir saya, “Suka-suka gue, dong, mau makan apa, toh hidup-mati manusia itu ada di tangan Tuhan!” sambil sewot dan manyun. :-p You are what you eat, remember?!

Sekarang juga, sih, saya masih tidak mau dibatasi/dilarang. Saya tetap mau menyantap junkfood, gorengan, mie instan, kopi, kopi, kopi, kopi, dan sebagainya dan sebagainya. Saya masih mau menikmati apa yang saya makan, tapi di lain pihak, saya juga kepingin tetap sehat.

Nah kalau mau tetap sehat, saya harus mengimbangi makanan itu dengan asupan buah serta sayur.

Saya penggemar buah, tapi tidak demikian halnya dengan sayur. Paling suka sayur yang ditumis. Waktu hamil dulu, saya sempat mengonsumsi banyak sayuran rebus. Tapi sekarang … engg, gimana, yaaa… kemalasan lebih kuat daripada tekad.

Dengan maraknya gaya hidup food combining (halah, apa pula itu!) akhir-akhir ini, saya putuskan untuk mengimbangi pola makan sampah saya dengan bikin Smoothies. Bukan diet, ya, tapi cuma mengubah gaya hidup saja. Pengennya ikut tantangan 30-hari seperti di simplegreensmoothies ini. Tapi, berhubung banyak kendala (dan alasan) saya putuskan untuk pelan-pelan memulainya.

Lagi pula, saya tidak terlalu kuat mental untuk menenggak jus sayuran (iyuh!) seperti yang ditunjukkan di blog tersebut. Jadi, saya putuskan untuk buat smoothies buah terlebih dahulu.

Ini smoothies saya yang pertama:

Fotonya memang seadanya dan penampilannya kurang menggiurkan. Tapi rasanya ... enakkkksssssss!

Fotonya memang seadanya dan penampilannya kurang menggiurkan. Tapi rasanya … enakkkksssssss!

Ini resepnya:

1 pisang beku ukuran sedang (saya pakai pisang cavendish)

1 kiwi

6-7 butir strawberry kecil (atau 4-5 strawberry ukuran sedang/besar)

1/2 cup plain yoghurt

air secukupnya (bisa diganti dengan air kelapa muda/susu almon)

Cara membuat:

Potong buah-buahannya, masukkan semua bahan ke blender, dan giling sampai kadar kehalusannya sesuai selera (Saya sih sukanya kalau buahnya masih agak kasar supaya bisa dikunyah).

Yuk lah, dicobaaaa!

-nat-

PS: Saya beli buah-buahannya untuk persediaan selama seminggu, jadi mungkin ini tantangan mingguan (bagi saya), bukan harian.

BTW, sejak bulan ramadhan dimulai, saya berhasil berhenti minum kopi. Semoga “puasa” kopi saya bisa bertahan sampai jauhhhh (dan akhirnya ke laut… :p)

One thought on “[Recipe] Start Healty Stay Healthy: Smoothies #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s