Straw?

Di dekat rumah saya, ada sebuah restoran cepat saji yang (baru) buka 24 jam. Seperti lazimnya sebuah restoran yang baru buka, pengunjungnya mengantre lumayan panjang. Padahal saat itu sudah pukul sebelas malam. Mungkin karena mereka penasaran, atau mungkin karena mereka kelaparan di tengah malam (seperti saya).

Saya pun pergi ke sana  dan memesan makanan. Berikut cuplikan percakapan antara saya dengan si kasir:

“Mau pesan apa, Bu?”

“Paket ini dan paket anu. Oh iya, dibungkus, tolong.”

Take away?”

“Errr… iya buat dibawa pulang.”

“Totalnya sekian-sekian.”

Setelah saya membayar, si kasir pun pergi untuk mengambilkan pesanan.

Sementara menunggu, saya mencuri dengar percakapan antara pelanggan di antrean sebelah dengan kasir yang satunya. Sebut saja si kasir B.

“Ada teh panas, Mas?”

“Ada, Bu.”

“Satu, ya.”

Si kasir B berteriak ke arah area dapur. “Hot tea-nya satu!”

Tak lama kemudian, kasir yang menangani pesanan saya pun kembali. “Ini pesanannya, Bu. Paket ini dan paket anu. Ada yang bisa saya bantu lagi?”

“Bisa minta sedotannya satu lagi?”

Straw?”

“Errr… Iya, straw-nya satu lagi.

Sebegitu enggak kerennyakah bahasa Indonesia? Sampai-sampai seseorang DILATIH supaya nyebut “sedotan” yang lebih umum dengan “straw” yang kurang lazim?

-nat-

2 thoughts on “Straw?

  1. Hihihi, iya tuh, na, sering banget. Di Masterchef juga, juri-jurinya pake istilah bahasa Inggris, padahal ada padanannya di bahasa Indonesia :p

    • iya, bener… suka kesel kalau denger kalau “oseng-oseng” atau “tumis” diganti pakai “stirring”. atau “adonan” jadi “dough.” atau “celemek” jadi “apron.”
      etapi aku pun masih sering pakai bahasa acakadut/campuraduk, mbak. hehehe. jadi merasa diingatkan sama kejadian “straw” ini, supaya nggak pakai bahasa campur-campur.

Leave a Reply

