[Recipe] Bubur Manado

Suami saya suka banget Bubur Manado. Dulu pernah dibuatin, tapi katanya kurang “maknyus.” (ya iyalah, gak kayak bubur manado beneran, soalnya yang saya buat itu bubur ayam biasa, ditambah jagung n daun bayam doang. muahahaha. eh, ternyata dia nggak kecele). Nah tadi saya nemu resep di bawah ini. Semoga cukup “nendang” buat, dia, ya…

Belum dicoba sih, tapi dicatet dulu deh resepnya, biar gak lupa.🙂 Ntar kalo ada modifikasi bakal saya kasih tau.🙂

Bahan-bahan yang diperlukan:

beras 250 gram, cuci bersih, tiriskan
air 1,5 liter
jahe 1 cm, memarkan
serai 2 batang, memarkan
garam 2 sendok teh
jagung manis 250 gram, pipil
daun bayam 50 gram, siangi
daun melinjo 50 gram, siangi
daun kangkung 50 gram, siangi
kacang panjang 75 gram, potong 4 cm
ubi merah/labu kuning (kobocha) 200 gram, kupas, potong 1x2x2 cm
daun kemangi 300 lembar
ikan asin 50 gram, goreng/ 200 gram ikan tongkol bagi 4, goreng

Resep Sambal Tomat Bubur Manado :

cabai rawit 6 buah, iris 1/2 cm
cabai merah 3 buah, iris 1/2 cm
bawang merah, 4 butir, iris tipis
tomat 2 buah, iris persegi 1 cm
air jeruk nipis/lemon 1 sendok makan
garam 1 sendok teh

Cara Membuat Bubur Manado :

Didihkan air dalam panci, masukkan beras, serai, dan jahe. Masak hingga mendidih. Tambahkan garam dan masukkan jagung, aduk rata.
Masak terus hingga matang, baru masukkan ubi/labu kuning. Tambahkan daun melinjo dan kacang panjang. Masak hingga ubi lunak, masukkan bayam, kangkung, dan daun kemangi. Aduk rata.
Masak kembali beberapa menit hingga sayuran matang tetapi tidak lembek. Angkat.
Hidangkan dengan pelengkap sambal tomat dan ikan asin goreng atau ikan tongkol goreng.
Untuk 6 porsi

Selamat mencoba

Diambil dari http://www.facebook.com/WisataKulinerIndo?hc_location=timeline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s