Para Pelahap Buku

Mengingat kecepatan membaca saya menurun drastis dan jumlah buku yang saya baca pada tahun 2010 jauh lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya (sehingga saya merasa tidak berhak menyandang status sebagai “pencinta buku” atau “pembaca buku”), saya merasa harus mengejar ketertinggalan pada tahun 2011. Minimal membaca 1 buku satu minggu, atau sekurangnya 50 buku setahun, lalu menuliskan komentar saya.

Awalnya, membaca 50 buku setahun dan menuliskan review-nya, bagi saya merupakan proyek ambisius yang nyaris mustahil dilakukan. Setelah mengeluh, curhat dan menangis-nangis (ya, saya memang lebay), ternyata saya tidak sendirian, dan ketidaksendirian itu membuat saya percaya diri bisa melakukannya. Lima orang yang berbeda-beda—yang mempunyai kecintaan terhadap buku yang luar biasa besar—berkumpul dan jadilah blog ini.

Dalam proyek ambisius ini, saya memutuskan untuk “menyeleksi” bacaan saya secara ketat, karena waktu yang saya miliki cuma sedikit sedangkan buku yang ingin saya baca banyak banget (ya… ya… itu merupakan terjemahan bebas dari SO LITTLE TIME, SO MUCH BOOKS TO READ), jadi saya tidak mau buang2 waktu dengan membaca buku yang tema, genre, gaya bahasanya tidak sesuai dengan selera saya.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk memulainya dengan buku Kubur Berkubah karya Agatha Christie (GPU, 1984). Dan pada saat cuap-cuap ini dibuat, buku tersebut belum juga saya selesaikan bacanya. *grin*

-nat-

Leave a Reply

